Jumat, 10 Februari 2017

CONFIGURASI NTP SERVER

CONFIGURASI NTP SERVER

What Is A NTP?
Hasil gambar untuk what is a ntp server-wikipediaNetwork Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui paket-switched , variabel- latency jaringan data. Dalam operasi sejak sebelum tahun 1985, NTP merupakan salah satu yang tertua protokol Internet yang digunakan saat ini. NTP dirancang oleh David L. Mills dari University of Delaware .
NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi untuk dalam beberapa milidetik dari Coordinated Universal Time (UTC).  ini menggunakan versi modifikasi dari algoritma Marzullo ini untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi dampak dari variabel latency jaringan . NTP biasanya dapat menjaga waktu ke dalam puluhan milidetik lebih masyarakat internet , dan dapat mencapai lebih dari satu akurasi milidetik di jaringan area lokal di bawah kondisi ideal. Asymmetric rute dan kepadatan jaringan dapat menyebabkan kesalahan dari 100 ms atau lebih.
Protokol biasanya digambarkan dalam hal model client-server , tetapi dapat dengan mudah digunakan dalam peer-to-peer hubungan di mana kedua rekan-rekan mempertimbangkan lain untuk menjadi sumber waktu potensial. Implementasi mengirim dan menerima cap menggunakan User Datagram Protocol (UDP) pada nomor port 123.Mereka juga dapat menggunakan penyiaran atau multicasting , di mana klien pasif mendengarkan update waktu setelah pulang-pergi awal kalibrasi pertukaran. NTP memasok peringatan apapun yang akan datang lompatan kedua penyesuaian, tetapi tidak ada informasi tentang lokal zona waktu atau daylight saving time ditransmisikan.
Protokol saat ini adalah versi 4 (NTPv4), yang merupakan standar yang diusulkan yang didokumentasikan dalam RFC 5905 . Hal ini kompatibel dengan versi 3, yang ditentukan dalam RFC 1305 .


#Latar Belakang
Mengetahui lebih dalam lagi tentang configurasi ntp server 

#Maksud Dan Tujuan
Mempraktekkan materi tentang installasi ntp server

#Alat Dan Bahan 
- Modul ntp server
- Internet 

#Tahap Penyelesaian 
Langkah-langkah untuk konfigurasi NTP server sebagai berikut ini :
 1. Silahkan anda ketikkan apt-get install ntp kemudian tekan enter.
2. Jika muncul pesan seperti dibawah ini,langsung saja ketikkan Y lalu tekan enter.
 3. Silahkan anda masuk ke ntp.conf dengan perintah nano /etc/ntp.conf kemudiaan tekan enter
 4. Silahkan anda edit  :
service 0.debian.pool.ntp.org iburst
service 1.debian.pool.ntp.org iburst
service 2.debian.pool.ntp.org iburst 
service 2.debian.pool.ntp.org iburst

menjadi :

service 0.id.pool.ntp.org iburst
service 1.id.pool.ntp.org iburst
service 2.id.pool.ntp.org iburst
service 3.id.pool.ntp.org iburst
 kalu sudah,silahkan anda simpan dan keluar dengan perintah CTRL+X lalu ketikkan Y kemudian tekan enter.

5. Kemudian silahkan anda restart ntp-nya dengan perintah /etc/init.d/ntp restart

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SELAMAT MENCOBA~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

0 komentar: