Sabtu, 25 Maret 2017

CONFIGURASI VPN DI BEDIAN ROUTER

CONFIGURASI VPN DI BEDIAN ROUTER


#PENGERTIAN
Hasil gambar untuk vpn logo  Sebuah jaringan pribadi virtual atau VPN untuk jangka pendek, adalah cara meghubungkan komputer ke remote jaringan . Kebanyakan orang menggunakan komputer terhubung ke World Wide Web menggunakan jaringan yang normal mereka menggunakan dial-up atau broadband. Ini digunakan oelh beberapa pekerja untuk menghubungkan menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan, mereka dapat memeriksa pekerjaan mereka email dan melihat pekerjaan situs yang tidak dapat dilihat di internet normal. Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas maka jaringan (network) harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Teknik memisahkan jaringan ini dapat diimplementasikan untuk jaringan local antar kota atau dengan kata laiin jaringan Metro Lan antar gedung, penerapan metrolan bersamaan dengan penerapan protokol Virtual Private Network (VPN).

#LATAR BELAKANG
Dengan berkembangnya eknologi sekarang ini kita hanya dapat meremote server kita dari dekat melainkan kita dapat  meremote server kita dari jarak jauh menggunakan VPN ini.

#MAKSUD DAN TUJUAN
  • Bisa digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti aplikasi perdagangan, Purchase, P.O.S, accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, Remote Web, Camera, DLL.
  • Penggunaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN. Dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar.
  • Memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja , sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun berada. Selama bisa mendapatkan akses internet ke ISP terdekat, staff perusahaan tetap dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan. 
#ALAT DAN BAHAN
  1. Laptop/PC
  2. Internet
  3. PC Debian Router
  4. Referensi
#TAHAP PENYELESAIAN
 Sebelum configurasi VPN di debian Router dimulai, silahkan anda remote terlebih dahulu debian router-nya. Kemudian masuk sebagai super user. Langkah-langkah configurasi VPN di debian router sebagai berikut ini :

1. Pertama silahkan anda ketikkan apt-get install pptpd, tekan enter.


2. Do tou want continue ? pilih saja Y, tekan enter . tunggu hingga installasi  selesai.


3. Selanjutnya konfigurasi VPN pptpd.conf. silahkan anda ketikkan  nano /etc/pptpd.conf, tekan enter.


4. Di bagian paling bawah Silahkan isi locacip (ip dari debian router-nya) dan remoteipe (ip yang ingin di jadikan VPN). Simpan dan keluar dengan perintah CTRL + X >> Y >> Enter.


5. Konfigurasi VPN pptpd-options. silahkan anda ketikkan  nano /etc/ppp/pptpd-options, tekan enter.


6. Di bagian paling bawah silahkan anda tambahkan :

ms-dns 192.168.123.2
nobsdcomp
noipx
mtu 1490
mru 1490

Simpan dan keluar dengan perintah CTRL + X >> Y >> Enter.

7. Konfigurasi VPN chap-secrets. silahkan anda ketikkan  nano /etc/ppp/chap-secrets, tekan enter.


8. Di bagian paling bawah silahkan anda tambahkan username dan password unttuk login VPN.

"subasa" * "smkbisa5758"
"ppp2_subasa" * "smkbisa5758"

Simpan dan keluar dengan perintah CTRL + X >> Y >> Enter.

9. Kemudian restart ppptpd dengan perintah /etcinit.d/ppptpd restart, tekan enter.


10. Dilaptop silahkan anda klik icon connections >> network connectians . Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini .klik add.

11. Setelah itu pilih Point-to-Point Tunneling Protokol (PPTP), klik create.


12. Di tab VPN silahkan anda tambahkan gateway , user name dan password (harus sesuai dengan pengaturan di debian router).


13. Kemudian klik advanced . centang di Use Point-to-Point encryption (MPPE), klik OK >> save.


15. Untuk mengconnectkan silahkan anda klik icon connections >> klik VPN yang sudah dibuat tadi . kalau sudah terhubung maka akan muucul tampilan seperti dibawah ini.


~~~~~~~~~~~~~SELAMAT MENCOBA~~~~~~~~~~~~~

0 komentar: