Sabtu, 25 Februari 2017

INSTALLATION OWNCLOUD

INSTALLATION OWNCLOUD


#PENGERTIAN
Hasil gambar untuk OWNCLOUD  ownCloud adalah suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting dan menggunakan mereka. ownCloud secara fungsional sangat mirip dengan banyak digunakan Dropbox , dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa ownCloud adalah gratis dan open-source , dan dengan demikian memungkinkan orang untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi .Ini juga mendukung ekstensi yang memungkinkan untuk bekerja seperti Google Drive , dengan editing secara online dokumen, kalender dan sinkronisasi kontak, dan banyak lagi. Keterbukaan eschews diberlakukan kuota pada ruang penyimpanan atau jumlah klien yang terhubung, bukannya memiliki batas keras (seperti pada ruang penyimpanan atau jumlah pengguna) didefinisikan hanya dengan kemampuan fisik server.

#LATAR BELAKANG
Menyimpan file data di penyimpanan external menggunakan OwnCloud 

#MAKSUD DAN TUJUAN
Menginstall OwnCloud untuk membuat penyimpanan external
#ALAT DAN BAHAN
#TAHAP PEYELESAIAN
  Untuk menginstall OwnCloud pastikan dahulu file owncloud sudah ada dan anda harus masuk ke terminal linux terlebih dahulu. Kemudian silahkan buka 2 terminal linux yang berbeda. Terminal pertama silahkan anda masuk ke super user localhost dan yang satu-nya lagi masuk ke super user ssh-server. langkah-langkah untuk menginstall OwnCloud sebagai berikut ini :

1. Di terminal linux pertama (localhost). silahkan anda cari file oownCloud-nya , kemudian Copy ke server dengan perintah scp owncloud-9.1.4.zip arbani@192.168.40.2:/var/www/html lalu tekan enter . tunggu hingga selesai .

2. Kita pindah ke terminal kedua (ssh server). silahkan anda cari file yang sudah di scp tadi , lalu file tersebut anda unzip dengan perintah unzip owncloud-9.1.4.zip lalu enter. tunggu hingga selesai mengextra-nya.


3. Kemudian file OwnCloud silahkan anda beri hak akses dengan perintah chown -R 755 owncloud lalu enter.


4.Kita beri hak akses data-nya dengan perintah chown -R www-data:www-data owncloud lalu enter.


5. Silahkan anda buka browser lalu masuk ke phpmyadmin kemudian buat database owncloud-nya.

6. Silahkan anda buka tab baru baru dan masukkan 192.168.40.2/owncloud .
Isikan user dan password-nya.

silahkan anda rol ke bawah , isikan user dan password phpmyadmin-nya. lalu masukkan juga database OwnCloud-nya. lalu klik finish setup.


7. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini , tanda-nya OwnCloud siap digunakan.



~~~~~~~~~~~~~~~SELAMAT MENCOBA~~~~~~~~~~~~~~~

0 komentar: