Rabu, 18 Januari 2017

MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK

MEMBUAT HOTSPOT DI MIKROTIK


#PENGERTIAN
  Sebuah hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat memperoleh akses Internet , biasanya menggunakan Wi-Fi teknologi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menggunakan router terhubung ke penyedia layanan internet .
Hasil gambar untuk hotspot  Hotspot publik dapat ditemukan dalam sejumlah bisnis untuk penggunaan pelanggan di banyak daerah perkotaan maju di seluruh dunia, seperti toko-toko kopi . Banyak hotel menawarkan akses wifi untuk tamu, baik di kamar atau di lobi. Hotspot berbeda dari titik akses nirkabel , yang merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyediakan layanan jaringan nirkabel. hotspot pribadi memungkinkan akses internet ke perangkat (seperti tablet) melalui perangkat lain yang mungkin memiliki akses data melalui mengatakan perangkat mobile.
 
#LATAR BELAKANG
Membuat hotspot di mikrotik untuk membuat jaringan nirkabel agar mudah untuk mengakses internet tanpa ribet

#MAKSUD DAN TUJUAN
Mempraktekkan configurasi dalam pembuatan hotspot di mikrotik

#ALAT DAN BAHAN
  • Mikrotik
  • Laptop/Pc
  • Internet
  • Modul hotspot mikrotik

#TAHAP PENYELESAIAN
 Untuk membuat hotspot menggunakan mikrotik silahkan anda masuk ke mikrotik terlebih dahulu , dan pastikan kabel LAN sudah terpasang sempurna . pastikan juga kabel LAN sudah terhubung ke mikrotik. Langkah-langkah untuk configurasi hotspot mikrotik sebagai berikut ini :

1. Setelah masuk ke mikrotik. silahkan anda klik wireless  >>  pastikan wlan1 sudah aktif (kalau belum aktif klik tanda centang) .




2. kemudian cari security  profile >> isikan nama profile  >>  isikan password WPA pre-nya >> Apply >> Ok.



3. Silahkan anda klik interfaces >> klik 2 kali wlan1 >> wireless >>  masukkan mode( ap brige) >> band (sesuai perangkat pengguna) >> Frequency (pastikan memilih frekuensi yang tidak bertabrakan) >>  masukkan SSID >> pilih security profile (pilih profile yang sudah dibuat sebelumnya) >> Apply >> Ok.



4. Kemudian kita buat IP untuk wifi-nya . klik IP >> Address >> klik icon + >> masukkan address >> masukkan interfaces >> Apply >> OK.



5. Selanjutnya kita buat Firewall-nya . klik IP >> Firewall >> general >> masukkan chain (srcnat) >> masukkan out interfaces (wlan1).



Di Action Silahkan anda pilih masquerade >> Apply >> OK.



6. Silahkan anda beri DHCP server untuk wifi-nya . IP >> DHCP server >> klik icon + .



Pilih DHCP server interfaces lalu next.







 
Pastikan DHCP address sudah muncul, lalu next



 Pastikan Gateway untuk DHCP Network sudah muncul , lalu klik next


Pastikan IP out sudah muncul , lalu klik next



DNS server-nya silahkan anda biarkan saja , klik next



Lease time-nya silahkan anda biarkan saja , klik next



maka akan muncul pesan seperti ini , klik ok. Hotspot siap digunakan.






~~~~~~~~~~~~~~~~SELAMAT MENCOBA~~~~~~~~~~~~~~~~

0 komentar: